program percabangan sederhana di VB

 Selamat malam semuanya, bertemu lagi dengan saya eko rismaryanto. Bagaiman kabar nya hari ini teman-teman ? semoga baik baik saja, baik pada pertemuan kali ini saya tidak akan memberikan postingan tentang java, tapi kali ini saya akan membuat sebuah  postingan tentang Microsoft visual basic ni teman teman. Judul pembahasan kali ini adalah membuat program percabangan sederhana menggunakan vb.

             Sebelum memulai membuat program nya, kali ini saya akan membahas terlebih dahulu, apa itu percabangan. Perccabngan adalah suatu kondisi dimana memungkinkan sebuah pernyataan. Dalam visual basic di kenal dua percabangan yaitu percabangan if else dan case. Masing –masing percabangan ini ada gunanya masing-masing ada saat kita harus menggunakan if ada saat kita menggunakan case. Sebagai contoh, peggunaan if biasnya untuk memilih jenis kelamin manusia. Kalau percabangan case biasanya digunakan untuk memilih tanggal, bulan dan sebagainya. Jadi sekarang kalian sedikit lebih tau kan perbedaan percabangan if dan case.


              Oke sekarang langsung saja kita akan mempraktekkan membuat program nya menggunakan Program bernama visual basic. Kalian persiapkan software nya. Jika sudah buka aplikasi vb nya laluu buat sebuah projek baru bernama percabangan.


design form seperti di bawah ini.


Kemudian atur property masing masing objek seperti berikut.


jikasudah mengatur properti seperti diatas.
klik dua kali pada button hasil lalu masukkan script di bawah ini.


akhirnya selesai juga kita membuat sebuah program ya, untuk pengetesan kalian bisa pilih tanda star diatas untuk mencoba menjalan kan program nya. terimakasih sudah berkunjung :D


Previous
Next Post »
Thanks for your comment