Mengenal Komponen Penting Di VB

selamat malam teman teman, berjumpa lagi dengan saya eko risamryanto. pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang IDE Visual Basic 6 . pada postingan sebelumnya saya sudah jelaskan apa itu Visual Basic atau orang sering menyebutnya, vb . lah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagian bagian penting pada vb yang di perlukan untuk mengembangkan sebuah program aplikasi. berikut komponen VB yang kamu harus ketahui.

a. form 
bagian ini disebut halaman interface dimana anda akan melakukan desain terhadap program yang kalian buat.
Form sendiri digunakan untuk meletakkan komponen-komponen yang anda butuhkan dalam mendesign tampilan dalam desain-time. berikut langkah untuk menampilkan form
* dari menu pilih View->object, atau jika kalian ingin cepat menggunakanya bisa menekan tombol Shift+f7 .

b. Toolbox
Pada toolbox, seluruh komponen yang akan di gunakan diletakkan di bagian ini teman-teman. pada tampilan standar komponen yang ditampilkan hanyalah komponen yang paling sering dipakai untuk dapat menambah dan mengurangi komponen sesuai dengan yang anda butuhkan.
Berikut cara untuk menambah komponen lain pada tool box
* tekan CTRL + T pada keyboard anda atau juga dapat menggunakan klik kanan pada toolbox kemudian pilih komponen. akan muncul form pilihan komponen, lalu pilih komponen yang akan di tambahkan dan di akhiri dengan tombol ok




c. Window Property
Window property jendela properti ada beberapa isi dari dalam properti window, diantaranya
*Object Box : object box berisi daftar komponen yang dipakai dalam form.klik panah ke bawah untuk menampilkan properti objek yang dinginkan.

*Sort tab :  Jika kalian memilih tipe alpabetic, maka akan menampilkan struktur yang terurt berdasarkan alpabet. jika kalian memilih categorized maka akan menampilkan dengann di kelompokkan berdasarkan font, position, dll

* Kolom, kolom kiri berisi daftar properti pada objek yang terseleksi, sedangkan kolom kanan untuk menngganti nilai properti yang di inginkan.


d. project explorer
pada bagian ini akan menampilkan seluruh penyusunan projext/aplikasi, baik form modul, report dll
*tombol view code berfungsi untuk menampilkan menu editor program.
*tombol view object berguna untuk menuju ke arah design for
*tombol object folder akan menampilkan dalam bentuk object folder atau sendiri sendiri.






e. kode editor
bagian ini berguna untuk menuliskan kode program dan mengendalikan jalanya program. komponen yang anda susun akan berfungsi dan tindakan apa saja yang akan menentukan event dari suatu objek yang akan terjadi.

f. Form layout 
dengan fasilitas ini anda dapat mengetahui dimanakah posisi form yang nantinya akan di tampilkan ketiga programdi jalan kan.


g. menubar dan toolbar
Menubar digunakan untuk navigasi membantu pembuatan aplikasi yang akan dibuat, sedangkan tombol toolbar yang penting adalah untuk menjalankan dan menghentikan prorgram


gimana ? udah paham kan. sekian dulu untuk postingan kali ini. terimakasih sudah berkunjung :D


Previous
Next Post »
Thanks for your comment