Membuat database di netbeans

selamat malam pakde bude dan mas mas mbak yang sangat amat di cintai oleh allah swt yang berbahagia dan semoga selamat santosa, sukses dan selalu berbahagia amin. today i will share about connection database in java program. yaps, berdasarkan bahasa inggris yang saya sbutkan tadi, saya akan membuat sebuah potingan tentang membuat database di netbeans, sarat sarat yang harus di gunakana untuk membuat database di java adalah kita harus mengnstal sebuah software tambahan bernama sql server, ataau apache mysql, lah saya disini menggunakan apache mysql server, kalau kalian belum punya program tersebut, bisa di download dengan udah dan free tentunya, karna vendor dari apache disini memberikan sebuah aplikasi yang sangat amat berguna dan gratis. apache disini bisa di gunakan untuk membuat simulasi databse jika ingin membuat website yang di online kan, tapi bsa juga digunakan untuk membuat sebuah databse bebrbasis offline.
   jika program nya sudah di download langsung saja buka xampp control nya lalu clik star pada mysql
lalu buka program netbeans nya pada menu serfice klik kanan pilih connect
setelah terkoek buat data base baru, caranya klik kanan seperti tadi lalu pilih create database, beri nama database nya app penjualan7334 kalau kalian terserah.
pasti akan muncul sebuah database barru bernama penjualan7334

klik kanan lagi pada gambar yang sudah saya stabilo itu, lalu pilih execute comand 

lalu buat sebuah tabel dengan ketentuan seperti berikut
lalu masukkan kode program nya pas di execute comand tadi
ini kkode membuat table nya

tabel kategori
tabel barang


tabel transaksi
tabel pengguna

tabel det_transaksi

nah jika sudah membuat tabel nya, kita isikan data di tabel kategori, barang, dan pengguna
diatas adalh kode untuk mengisikan atau mengentry data di  tabel.
jika sudah kalian coba tes apakah data sudah masuk dengan benar,
mari kita tes dengan perintah

select * from (nama tabel)
ijika muncul tampilan seperti diatas, berarti kita sudah selesai membuat tabel beserta mengentri data di database menggunakan xampp dan netbeans, bagaimana, mudah kan ? silah kan mencoba dirumaha ya, atau kalau kalian masih kebingungan bisa tanya tanya saya di mana saja. terimakasih sudah berkunjung, and keep programing.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment