Membuat koneksi database di java

     hello everyone, come back again with me, eko rismaryanto. today i can share about programing java. cie lah bahasa inggris, ya besok saya akan posting sebuah blog bahasa inggris llah, maklum lagi belajar, harap maklum heheh. oke oke gak usah berbahasa bahasa sana bahasa sini. hari ini saya akan menjelaskan tentang database di java ni gaes, pertama tama sebelum kita belajar tentang database dii java, kalian perlu tau ni, software software apa saja yang kalian dapat gunakan untuk membuat database dii java. sebelumya kalian sudah tahu to apa itu database ? yap database adalah media penyimpanan. ya seperti google drive dan yang lainya lah gaes, pokonya definisi tentang database bisa kalian cari di mbah google.com. wah sampe lupa tadi, dlam pemrograman database di java disini kalian bisa menggunakan sebuah software tambahan seperti apache server, sql server atau kalian tidak ingin repot lagi bisa menggunakan aplikasi langsung dari netbeans itu sendiri. Tapi pada pertemuan saya kali ini saya tidak akan membahas tentang apa saja yang bisa di gunakan untuk membuat sebuah database, tapi saya akan memberikan cara untuk membuat sebuah koneksi di database.
    Apasih koneksi database itu ? koneksi database bisa di sebutkan juga seperti jembatan antara konoha dengan desa sunagakure haha, bercanda men. jadi gini lo, pada pemrograman java kita bisa menggunakan database untuk pemyimpanan ya, tapi dalam penyimpanan ini kita harus menggunakan sebuah jembatan untuk menyambungkan antara koneksi database dengan programnya. naah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jembatan itu.
   wes ojo kesuen langsung saja capcuz kita akan membut koneksi database nya.
first time kita buka dulu aplilkasi netbeans nya lalu buat sebuah projek baru, buat package koneksi lalu buat sebuah java class bernama koneksi.


lalu masukkan kode diatas, pada kode diatas saya sudah menberikan pengertian singkat dari sourc code programnya . jdi di mengerti lagi ya.
oiya pada sentuhan terkhir kalian jangan lupa inputkan sebuah library bernama mysql jdbc driver caranya klik kanan pada library pilih, add library lalu ok,
selesai deh

nah jika sudah membuat nya kalian tes koneksinya, jika berhasil akan muncul sebuah tampilan seperti dibawah ini lo gaes
gimana mudah kan membuat nya kan ? kalau kalian masih bingun, langsung inbo saya melalui mana saja, bisa menggunakan facebook, twiter mail atau yang lainya. jadi selamat  mncoba ya :D

Previous
Next Post »
Thanks for your comment