Perintah Untuk Mencetak Di Printer

Hai hai semua , sudah lama rasanya tidak berkunjung ke blog saya tercinta ini,maaf berhubung tugas kuliah banyak dan banyak sekali yang saya harus kerjakan di semseter 4 ini. pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat sebuat perintah agar apa yang kalian kerjakan dapat di print ke bentuk cetakan, kan bingung to pada mau ngaapain. nah bagi yang bingung, boleh ni, berkkunjung di blog saya. oke langsung saja saya akan memberikan tips singkatya, gak begitu susah tapi mudah di pahami. berikut cara caranya.
pertama tama kalian buka dulu netbeans nya. setelah itu buka projek yang akan kita buat sebuah hasil cetakanya. setelah itu pilih salah satu componen yang akan kalian cetak. disini saya memilih jtextarea untuk mencetaknya.
setelah kita menentukan target yang akan di cetak, buat sebuah button print lalu klik dua kali pada button print next masukan kode di bawah ini
itu adalah secript nya, baik saya akan menjelaskan apa pengertian dari kode tersebut. pertama tama kita buat dulu sebuah kemungkinan menggunakan try dan catch  pada menu try kita deskripsikan sebuah nama variabel dengan nama complete dengan tipe data boleean kemudian kita akan menargetkan nama variabel apa yang akan kita gunakan untuk mencetak sebuah dokumen tersebut. di situ saya memilih jtable1 karna saya akan membuat tabel saya untuk di print, kalau temen temen terserah bisa mengguanakan jtexfield, jtext area atau yang lainya. next. dalam kemungkinan try kita definisikan lagi sebuah kemugkinan atau bahasa familyarnya percabangan, dalam percabangan ini kita akan membuat sebuah percabangan jika berhasil dan tidak berhasil. pada percabangan yang kondisinya benar kita inputkan sebuah JOptionPane. atau message diaog bahwa print sukses.
dan pada percabangan jika salah maka kita berikan lagi sebuah pesan dialog eroor.
       dan terakhir kita modifikasi sedikit pada catch(Exception e)  kalau defaultnya seperti itu, nah di bagian  situ kita modifikasi sedikit, tambahkan tulisan Printer  jika sudah dalam kurung catch beri juka pesan dialog joption pane show message dialog null, e di situ di gunakan untuk apa ? tulisan e disini bermaksud akan memberikan sebuah informasi pada user apabila, printer terjadi eror maka akan menampilkan erornya tu dimana ? bukan sakitnya tuh disini ya heheh.

     oke oke sekian dulu tutorial saya hari ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa :D


Previous
Next Post »
Thanks for your comment